Kamis, 25 Agustus 2016

Cara Membuat Proposal Usaha Yang Benar

Cara Membuat Proposal Usaha Yang BenarCara Membuat Sebuah Proposal Usaha Yang Benar, Dalam membangun suatu usaha yang baik itu usaha rumahan, usaha sampingan maupun usaha kecil menengah anda pasti tentunya membutuhkan modal baik untuk modal awal maupun modal pengembangan bisnis anda. Tak dapat di pungkiri lagi  bahwa modal merupakan faktor pendukung meskipun bukan yang paling utama namun modal bisa jadi kekuatan yang mampu mendongkrak bisnis anda agar lebih maju dan berkembang.

Cara Membuat Proposal Usaha Yang Benar

Ketika anda ingin mendapatkan sebuah modal namun anda terkendala dengan peraturan dari pihak bank atau anda takut untuk meminjam dari kredit bank atau pinjaman lain maka salah satu cara yang dapat anda lakukan dan terbukti berhasil adalah dengan cara menjalin kerjasama dengan investor. Namun dalam menjalin kerjasama tersebut maka anda perlu mempersiapkan sebuah proposal usaha untuk mencari modal dengan cara investasi.

Namun demikian, terkadang terkendala paling umum adalah ketidaktahuan bagaimana cara membuat proposal usaha yang baik dan benar, kendala ini bukan hanya terjadi kepada mereka yang kurang beruntung dalam mendapatkan pendidikan tinggi tapi mereka yang notebene telah mendapatkan pengalaman di bangku sekolah mengaku sulit untuk membuat proposal usaha. Untuk itulah dalam artikel Cara Membuat Proposal Usaha Yang Benar ini akan kami kupas secara tuntas tentang cara menulis proposal usaha yang benar.

Berikut ini adalah unsur - unsur dalam membuat proposal usaha.

1. BAB Pendahuluan

Bab pendahuluan adalah bab tentang perkenalan dimana anda menguraikan latar belakang usaha yang anda miliki, visi dan misi usaha anda, dan gambaran usaha yang ingin anda jalankan nanti, termasuk juga bagaimana keadaan pangsa pasar saat ini.

2. Profil Badan Usaha
  • Jenis Usaha
    Uraikanlah jenis usaha apa yang ingin anda jalankan secara singkat dan jelas. Anda bisa menjalaskannya dengan bentuk list atau uraian singkat. Kemudian jelaskan secara singkat model bisnisnya seperti apa.
  • Nama Perusahaan
    Nama perusahaan merupakan hal yang sangat penting sebab akan di ingat oleh pelanggan anda. Maka tentukanlah nama perusahaan dan tulis dalam proposal usaha yang anda buat.
  • Lokasi
    Salah satu hal yang sangat penting dalam berbisnis adalah pemilihan lokasi atau tempat terlebih lagi jika anda menjualnya secara langsung maka pemilihan lokasi adalah hal mutlak yang harus anda perhatikan, tulislah lokasi perusahaan anda dengan jelas dan benar, kemudian buat peta atau denah. Anda juga bisa menggunakan google maps yang kini sangat memudahkan kita dalam membaut denah lokasi.
3. Struktur Perusahaan

Setiap perusahaan pasti memiliki struktur organisasi masing - masing, apakah anda berdiri sendiri atau anda membentuk satu sistem yang membuat perusahaan anda berjalan dengan satu sistem kerjasama antara owner dengan karyawan, Jika perusahaan anda memiliki sistem manajerial keorganisasian maka sebutkan mulai dari Pemilik usaha, manager atau pengelola, marketing, HRD dll.

4. Produk Yang Dihasilkan Perusahaan
  • Jenis produk
    Produk merupakan nyawa bisnis, jika anda tidak memiliki produk yang ingin anda jual maka anda jelas tidak dapat menjalankan bisnis atau usaha. Untuk itu sebutkan jenis produk apa yang anda produksi atau yang anda jual.
  • Pembuatan Produk
    Pembuatan produk merupakan bagaimana cara pembuatan produk anda mulai dari bahan sampai proses pembuatan, kalau produk anda beli jelaskan mulai proses pembelian sampai tahap penjualan.
  • Keunggulan produk
    Cobalah anda sebutkan keunikan produk anda, keunggulan produk hingga nilai plus produk anda sehingga bisa menarik konsumen.
5. Target Pasar

Sebagai tambahan anda harus menyebutkan siapa yang akan anda jadikan target pasar anda. Warga di daerah mana serta umur berapa dan kalangan yang mana. Misalkan adalah daerah kota X, untuk usia anak - anak sampai dewasa dari semua kalangan.

6. Promosi dan Pemasaran

Pada BAB ini anda menjelaskan tentang strategi bagaimana pemasaran yang anda lakukan serta promosinya sehingga usaha anda mudah mendapatkan konsumen.

7. Laporan Keuangan
  • Alokasi dana
    Merupakan rancangan kebutuhan dana dalam menjalankan bisnis anda, serta pengeluaran dana yang akan anda gunakan untuk usaha anda.
  • Perhitungan laba
    Buatlah perhitungan laba secara logis dan realistis mengenai keuangan anda, target laba rugi, ancaman resiko dll.
  • Perhitungan bagi hasil
    Setelah semua unsur diatas selesai, maka anda tinggal menentukan berapa rasio bagi hasil yang akan anda tetapkan. bagaimana menentukan rasio bagi hasil tergantung dari resiko usaha, semakin kecil resiko usaha maka semakin kecil pula pendapatan yang diberikan kepada investor dan sebaliknya.
8. Penutup

Penutup berisi kata - kata terakhir anda untuk meyakinkan investor agar yakin pada usaha anda, mengetuk hati investor anda agar lebih tertarik serta doa dan harapan anda atas proposal anda. Jangan lupa ucapkan terima kasih atas kesediaanya membaca proposal yang anda buat.

9. Lampiran
  • Biodata pemiliki usaha
  • Surat perjanjian dengan investor
  • Surat Ijin Usaha Dan MPWP
  • Sertifikat Usaha atau kepelatihan
Unsur - unsur diatas adalah hal yang pokok biasanya di gunakan untuk membuat proposal usaha yang baik dan benar.

Selain itu, buatlah proposal anda dengan acuan
1. Ukuran tulisan Times New Roman 12 pt
2. Spasi 1,5
3. Kertas A4
4. Cover mika

Kami kira cukup demikian yang bisa kami sampaikan dalam artikel Cara Membuat Proposal Usaha Yang Benar semoga bermanfaat bagi anda dan semoga sukses terima kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

Designed by Suyono powered by Google and Google