Senin, 16 Mei 2016

Cara Membuat Tagihan Listrik Anda Berkurang

Cara Membuat Tagihan Listrik Anda Berkurangwww.metrotronik.com - Selamat siang mitra Metro Tronik kali ini kami akan memberi tips tentang Cara Membuat Tagihan Listrik Anda Berkurang, sebenarnya banyak hal sederhana yang bisa kita lakukan di rumah untuk menghemat tagihan listrik Anda. Asalkan semua penghuni rumah Anda diajarkan untuk membiasakan hal-hal yang sederhana ini, Insya allah Anda bisa mengurangi tagihan listrik setiap bulanya.

Apalagi untuk instansi seperti perkantoran yang memiliki banyak peralatan elektronik, hal-hal yang terlihat sederhana berikut ini bisa dilakukan juga di perkantoran:

  1. Jangan langsung menurunkan suhu AC ketika dalam keadaan hidup.
    Penghematan bisa dimulai dari pengatur suhu ruangan (AC), karena AC membutuhkan tegangan listrik yang cukup besar, sekitar 50% kebutuhan listrik biasanya berasal dari AC.

    Kalau mau hemat listrik, jangan begitu menyalakan AC langsung diturunkan suhunya, stabilkan saja di-24 atau 25 °C terlebih dulu.

    Setiap suhu udara AC diturunkan akan ada tambahan penggunaan listrik sebanyak 6%. Jadi misalnya diturunkan dari 24 ke 18 sekaligus, maka ada tambahan penggunaan 36% daya listrik.

    Jadi sebaiknya satu jam dibiarkan menyala dulu sebelum ruangannya dipakai.

  2. Matikan dengan benar peralatan elektronik Anda, jangan dalam posisi standby terus.
    Peralatan elektronik yang dalam posisi standby, misalnya televisi atau perangkat audio, itu masih memakan listrik hingga 80% dari daya ketika hidup.

    Untuk menghemat listrik sebaiknya langsung dicabut saja colokannya kalau sudah tidak digunakan, atau jika repot cabut-mencabut colokan maka bisa memakai terminal listrik yang ada tombol on/off-nya. Sehingga ketika selesai menonton televisi tinggal ditekan saja.

  3. Jangan biarkan chargeran HP tertancap di colokan
    Colokan lain yang masih memakan listrik ketika tidak dicabut adalah perangkat pengisi daya telepon selular (ponsel) alias charger.

    Sampai saat ini masih banyak orang yang membiarkan colokan charger terpasang setelah selesai mengecas HP.

    Padahal charger itu berisi kumparan, jadi selama terpasang akan terus memutar listrik di situ.Tanpa HP chargeran yang tercolok menggunakan sekitar 30% dari normal daya listriknya.

    Jadi kalau misalnya colokan 5 ampere, begitu selesai dan tidak dicabut masih ada sekitar 2 ampere yang terus terpakai.
Ternyata tidak sulit bukan untuk mencoba melakukan hal seperti dia atas?, demikian tadi artikel dari Metro Tronik tentang Cara Membuat Tagihan Listrik Anda Berkurang semoga artikel ini bermanfaat buat para mitra Metro Tronik dan semuanya.

0 komentar:

Posting Komentar

Designed by Suyono powered by Google and Google